Rabu, 16 April 2014

Simple Things,Keep Our Environment!


                Liburan sekolah yang panjang bersama keluarga, di ibu kota negara kita,Jakarta.Kota metropolitan, yang penuh dengan transportasi seperti bus,mobil,motor,bajaj,dan masih banyak lagi yang mengeluarkan asap hitam yang merugikan lingkungan dan masyarakat, selain transportasi, terdapat juga bangunan-bangunan tinggi . Ketika saya berjalan bersama keluarga untuk membeli makanan di emperan jalan terlihat sampah-sampah yang berserakan, dan sungai yang dihiasi dengan sampah-sampah. Udara di sana begitu panas, wajahku seperti terbakar oleh matahari seketika. Mungkin hal ini terjadi akibat adanya global warming.
                Tidak seperti  Jakarta,di Sorowako, transportasi  dan bangunan-bangunan tinggi tidak mendominasi kota kecil ini. Kota kecil ini dipenuhi dengan pepohonan yang menyejukkan udara ketika pagi dan fauna endemik yang masih bermain-main, selain pepohonan dan fauna, ada juga jogging track yang sangat tepat dimanfaatkan untuk berolahraga dipagi hari. Hal ini membuat saya bangga bertempat tinggal di Sorowako.
                Walaupun Sorowako untuk saat ini, lingkungannya masih lestari dan terjaga,saya dan masyarakat Sorowako masih perlu melakukan kegiatan tentang melestarikan lingkungan,mengurangi global warming di bumi ini. Hal-hal yang perlu dilakukan cukup dari kita dengan aksi  yang sangat sederhana, yaitu mengangkat sampah yang berada di depan kita.Kemudian melakukan hal-hal yang mengikutkan banyak masyarakat seperti gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
                Untuk saya sendiri,beberapa hal untuk melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan telah saya lakukan mulai dari yang sangat sederhana, membuang sampah saya sendiri ke tempat sampah,mengangkat sampah ketika saya melihat sampah dan membuangnya baik sampah itu berada di tanah ataupun di danau.Hal sesederhana seperti yang saya lakukan akan mengurangi terjadinya kerusakan lingkungan. Selain hal sederhana, saya juga pernah mengikuti lomba dan melakukan kegiatan daur ulang, tidak hanya saya sendiri yang melakukan pendauran ulang sampah, keluarga saya juga ikut serta dalam kegiatan 3R (reduce,reuse,recycle),seperti  menggunakan ulang kertas yang masih kosong pada bagian belakangnya menjadi notes yang sangat berguna,kemasan snack yang  saya manfaatkan menjadi tempat pensil duduk,dan tugas sekolah saya yang memanfaatkan beberapa barang bekas sebagai hiasan dalam tugas sekolah saya. Selain kegiatan 3R,ada hal lain yang saya lakukan, yaitu ketika saya akan berpergian jauh dari rumah,saya menggunakan sepeda,selain mengurangi polusi sekaligus berolahraga.Hal lain yang saya lakukan dalam pelestarian lingkungan adalah ikut serta dalam menanam bibit pohon di Nursery PT.Vale Indonesia, itu adalah pengalaman
                Saya tidak hanya berhenti dari hal-hal sederhana saja,saya juga telah melakukan sosialisasi atau presentasi  berkaitan tentang pelestarian dan kebersihan lingkungan dengan ikut serta dalam pemilihan duta sanitasi di Makassar bulan April lalu.Dalam pemilihan duta ini, saya hanya menekankan hal-hal yang sederhana dalam melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan,karena mulai dari hal yang sederhana kita mampu mengurangi kerusakan lingkungan.

This is my action to keep our environment, how about you? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar